Tips mengganti OLI sendiri dirumah

Perawatan motor perlu kita lakukan secara rutin biar tak terjadi hal-hal yang di inginkan lebih parah karena pada mesin terjadi gesekan komponen satu dan lainnya, jika dibiarkan tanpa memperdulikan perawatan yang rutin bakal terjadi keausan dari komponen-komponen tersebut, cuma satu hal yang penting adalah jangan mengganti oli motor dengan oli mobil periode penggantian oli mesin motor pada umumnya adalah 2000-3000 KM jika pemakaian normal setiap hari oli SAE 20W/50, dan motor yang jarang dipakai atau lebih banyak terjebak macet dijalanan penggantian oli motor sebaiknya dipercepat karena dengan pemakaian jarak pendek dan jarang tersebut, suhu mesin tidak optimal dan akan terdapat banyak partikel air hasil pembakaran didalam oli..

Berikut ini cara mengganti oli motor (dapat dipraktekkan langsung dirumah tanpa kebengkel) :
1. Sebelum mengganti oli sebaiknya panaskan mesin motor anda lebih kurang 5 menit. setelah itu keluarkan oli saat keadaan mesin masih panas karena oli menjadi lebih encer.
Tips...!!! Jangan Anda lakukan pergantian oli saat mesin masih terlalu panas karena dapat membuat metal memuai seperti baut.

2. Hindari penggunaan angin Kompresor karena udara dari kompresor mengandung air sehingga bisa beresiko menimbulkan karat. Sebaiknya diselah/dikayuh saja menggunakan foot starter 3 sampai 5 kali supaya sisa oli turun.

3. Gunakan Foot Starter. Untuk memastikan oli lama sudah keluar semuanya, lakukan cranking atau putar mesin Anda menggunakan foot starter beberapa kali. Boleh menggunakan electric starter tapi harus dibatasi.

4. Kocok Oli Baru. Sebelum memasukkan oli baru, jangan lupa untuk mengocok-ngocoknya terlebih dahulu. Fungsinya agar lapisan tipis pelindung mesin pada saat bergesekan yang bisanya mengendap di bawah dapat tercampur kembali dengan baik.

SELAMAT MENGANTI OLI ANDA SENDIRI DI RUMAH

Comment Back Myspace Comments

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar